You are here::
 
 

SAFARI RAMADHAN 4

E-mail Print PDF

Edisi : XIII

Tanggal : 1 / 8 /2013

 

“ SAFARI RAMADHAN “ ( 4 ) 1434 H

Oleh :

H. Alimin Patawari

  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar

 

polewali1

Kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Watampone yang untuk kesekian kalinya, tapi untuk kali ini adalah kunjungan dalam memenuhi undangan Ketua Pengadilan Agama Watampone dalam rangka peresmian Mushollah yang baru saja selesai dibangun, disamping silaturahmi dengan keluarga besar Pengadilan Agama Watampone   sekaligus buka bersama.

Walaupun acara ini kelihatan sangat sederhana tapi tetap dihadiri oleh bapak Bupati Bone, Wakil Bupati, jajaran forum kordinasi daerah, dalam hal ini DANREM 141 Toddopuli, Komandan Kodim 147, Kapolres Bone, Ketua Majelis Ulama, Ketua STAIN, pimpinan instansi terkait lainnya. Mushollah yang dibangun dengan swadaya juga mendapatkan bantuan dari Bupati Bone dan nampaknya mungil dengan arsitektur yang cukup indah dibangun di samping kantor Pengadilan Agama Watampone .

Bupati Bone, DR. H. Andi Pashar A. Pajalangi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada segenap aparat Pengadilan Agama Watampone yang dengan kerjasama yang baik bisa membangun dengan swadaya dan hal ini dapat di contoh bagi Instansi Lainnya di Kabupaten Bone.

polewali2

Pembangunan sarana ibadah terkait erat hubungannya dengan pembinaan mental / moral aparat, dengan mental / moral yang baik dapat meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat. Mushollah ini bukan hanya bermanfaat bagi aparat Pengadilan Agama di sini tapi juga bagi para pencari keadilan yang memerlukan sarana ibadah , bahkan bagi orang yang lewatpun bisa mampir untuk sholat, karena Mushollah terletak di pinggir jalan poros Bajoe yang ramai dilewati setiap saat.

Saya diberikan kesempatan memberikan sambutan sesudah Bupati, dan sekaligus meresmikan penggunaan Mushollah yang diberi nama Mushollah “ Al Mahkamah “ , dalam sambutan ini saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada bapak Bupati dan segenap jajaran Pimpinan daerah yang sangat menaruh perhatian kepada Pengadilan Agama. Jalinan kerjasama dan kordinasi antara pimpinan instansi memang sangat penting dalam rangka penyamaan persepsi dan sikap kita dalam pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang masing – masing.

Saya juga mengapresiasi atas usaha Pengadilan Agama Watampone mengadakan kegiatan silaturahmi dengan buka bersama , yang menambah semangat kekeluargaan, kebersamaan antar warga Pengadilan Agama dengan instansi terkait khususnya dengan Pemerintah Daerah yang selama ini sudah berjalan dengan baik. dalam kesempatan ini saya juga mengharapkan agar Mushollah ini di manfaatkan dengan sebaik – baiknya, dengan syiar dan pengamalan ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Membangun sebuah tempat ibadah mungkin lebih mudah daripada memelihara, oleh karenanya Mushollah ini dipelihara, dibersihkan sehingga lebih nyaman, jika perlu dengan memasang pendingin udara / AC .

3

Di akhir acara adalah pembacaan Doa oleh Ketua Majelis Ulama Kabupaten Bone, yang sebelumnya memberikan tausiah singkatnya, yang intinya agar kita memanfaatkan moment Ramadhan ini dengan berbuat kebaikan, beliau menyampaikan tausiah ini karena diantara kita semua yang hadir, beliau yang paling tua dan tentu pernah juga muda, tetapi kita yang hadir belum pernah merasakan tua seperti beliau , yang pengalaman hidupnya sudah lebih banyak dibanding kita. dalam hati saya berkata bahwa pak Kiyai yang sudah sepuh dalam usia 83 tahun masih tegar, sehat, dan bahkan juga bisa canda, intinya bahwa usia bukan halangan untuk melakukan pengabdian kepada agama, bangsa dan Negara. selesai acara peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu masuk, acara dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat magrib.

Saya sempat menggunakan waktu untuk berbincang – bincang dengan pimpinan Pengadilan Agama Watampone dan para Hakim bahwa agar senantiasa meningkatkan prestasi kerjanya sehingga bisa berpacu dan bersaing dengan Pengadilan Agama lainnya yang sudah lebih maju. jika di Pengadilan Agama Jakarta Selatan misalnya sudah merintis pendaftaran secara Online , Pengadilan Agama Jakarta barat merintis arsip digital, maka tak ada salahnya kita mencontohnya.

jika memang agak kesulitan karena faktor sarana yang belum tersedia dengan lengkap, maka minimal kualitas pemanfaatan SIADPA Plus kita tingkatkan dalam rangka memudahkan pekerjaan kita dalam menyelesaikan perkara. saya sangat berbangga atas prestasi rekan – rekan Hakim di Pengadilan Agama Watampone , yang terpilih sebagai pembuat putusan terbaik, dalam arti putusan yang mulai membaik dibanding dengan putusan – putusan Pengadilan Agama sebelumnya. tentu sangat diharapkan bahwa bukan hanya putusannya yang dianggap sudah baik, tetapi yang lebih penting adalah penyelesaian putusan tersebut sampai kepada eksekusinya. sama saja dengan hanya menang diatas kertas saja dan tak bisa menikmati hasil dari perjuangannya berperkara bertahun – tahun.

Saya juga menyampaikan bahwa walaupun saya tidak mengadakan pengawasan / pemeriksaan secara langsung akan tetapi saya selalu memonitor kegiatan kita melalui info perkara yang setiap saat bisa di akses melalui Badilag. Net .

Pengadilan Agama Watampone dalam pelaporan perkara masih jauh ketinggalan dibanding dengan Pengadilan Agama lainnya, dan menurut data terakhir tanggal 31 Juli 2013 masih berada pada posisi 22 dari 24 Pengadilan Agama Se Sulawesi Selatan dan barat , tingkat selisih laporan perkara secara manual dengan laporan melalui elektronik artinya posisi ( nilainya ) masih merah,. tentu hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena ini menyangkut kredibilitas pimpinan Pengadilan Agama di mata atasan kita.

Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati , sambil menyelam minum air, mungkin cocok dengan kegiatan kunjungan kerja saya kali ini, karena disamping peresmian Mushollah , buka bersama, juga diisi dengan pembinaan singkat lewat sambutan saya, tentu diharapkan akan berguna sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas pada waktu yang akan datang.

17 Ramadhan 1434 H, Jumat 26 Juli 2013 berkah bagi kita semua, Amin ( A .P )